perbedaan media belajar

11 Dec

Menurut

Pendapat

Penekanan Pendapat

Rudy Bretz

Mengklasifikasikan ciri utama media menjadi 3 unsur yaitu: visual, suara dan Gerak

Mengklasifikasikan media menjadi 8 yaitu : Media audiovisual gerak, media audio visual diam, media visual gerak, media visual diam, media semi gerak, madia audio, media cetak

Rudy bretz menekanan Pada media yang digunakan dalam mengajar

Duncan

Hierarki media menurut Duncan memepertimbang kan aspek aspek antar lain : biaya, kelangkaan, keluesan, cakupan sasaran, pengadaan, kemudahan Duncan menekankan pada pemanfaatan media dalam pemanfaatanya dalam pendidikan menurut kerumitan perangkat media. Semakin tinggi satuan biaya, sekin umum sifat penggunanya, sebaliknya semakin mudah dan luwes penggunanya, maka semakin mudah dan luwes penggunanya.

Briggs

Briggs mengidentifikasi media menjadi 13 yaitu : obyek, model, suara langsung, rekaman audio, media cetak, pembelajaran terprogram, papan tulis, media transparansi, film rangkai, film , Tv, Gambar TV Briggs lebih mengarah pada karakteristik siswa, tugas instruksional, bahan dan transmisinya. serta stimulus respon yang tercipta dari media tersebut

Gagne

Gagne membuat 7 macam pengelompokanmedia yairu : benda untuk didemonstrasikan, komunikasilisan, media cetak, gambar diam, gambar gerak, film bersuara, dan mesin belajar. Gagne menekankan pada kemampuan siswa memenuhi fungsi menurut tingkatan hierarki belajar yang dikembangkan

Schramm

Mengklasifikasikan media menjadi media yang mahal, murah dan sederhana Penekanan media menurut Schramm berdasarkan kerumitan media dalam penggunaanaya.

Endling

Menurut Edling media merupakan bagian dari 6 unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk penglaman audio yanag meliputi modifikasi visual dan modifikasi obyektif audio Dalam hal pemilihan media menurut kemampuan siswa berdasarkan kerucut pengalaman menurut edgar dale
  • Persamaan

Dari berbagai pernyataan para ahli mengenai taksonomi media maka terdapat persaamaan antara lain :

  1. Media berfungsi untuk membangkitkan minat siswa dalam belajar dan menjadikan sesuatu yang abstrak menjadi nyata.
  2. Media dapat menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan.
  3. Dengan media pembelajaran akan memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien
  4. Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mandalam dan utuh.
  5. Taksonomi media pembelajaran dikategorikan berdasarkan kebutuhan masing-masing pengguna.
  1. B.       Taksonomi dan Karakteristik Media Pembelajaran

Upaya pengklasifikasian media dapat mengungkapkan karakteristik suatu media berbeda menurut tujuan atau maksud pengelompokannya. Dari contoh pengelompokan yang diadakan oleh para ahli, kita dapat melihat media dari karakteristik ekonomisnya, lingkup sasarannya, dan kemudahan kontrol pemakai. Karakteristik media juga dapat dilihat menurut kemampuan membangkitkan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan maupun penciuman atau kesesuaiannya dengan tingkat  belajar. Jadi klasifikasi media, karakteristik media, dan pemilihan media merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam penentuan strategi pembelajaran. Dari pendapat beberapa ahli tentang klasifikasi media pembelajaran, dapat kami simpulkan bahwa klasifikasi media pembelajaran itu dapat dibagi menjadi 8. Antara lain :

  1. Media visual diam. media yang hanya mengandalkan indra pengelihatan. Yang temasuk jenis ini antara lain meliputi gambar, foto, serta benda nyata yang tidak bersuara. media yang menampilkan
    suara dan gambar diam (tidak bergerak). Misalnya, film bingkai suara
    sound sistem, film rangkai suara, dan cetak suara.
  2. Media visual gerak. media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak. Misalnya, film suara dan video-cassett
  1. Media semi-gerak.
  1. Media cetak. Seperti surat kabar, majalah, buku, dll. media statis yang mengutamakan pesan visual yang terdiri dari lembaran, sejumlah kata gambar atau foto.Umumnya media cetak ini atas yang digunakan sebagai media periklanan adalah surat kabar dan majalah, sedangkan media cetak lini bawah yang digunakan berupa leaflet, brosur, poster dan sebagainya.
  2. Media audio. Adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja. Yang termasuk jenis media ini antara lain meliputi tape recorder dan radio.
  3. Media audiovisual gerak. Audio visual gerak adalah media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak. Misalnya, film suara dan video-cassette.
  4. Media video

Merupakan salah satu jenis media audio visual, selain film. Yang banyak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran, biasa dikemas dalam bentuk VCD.

Media computer. Media ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain mampu menampilkan teks, gerak, suara dan gambar, komputer juga dapat digunakan secara interaktif, bukan hanya searah. Bahkan komputer yang disambung dengan internet dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber belajar yang hampir tanpa batas.

  1. Media audiovisual diam. Audiovisual diam adalah media yang menampilkan suara dan gambar diam (tidak bergerak). Misalnya, film bingkai suara sound sistem, film rangkai suara, dan cetak suara.
  1. Media audio semi-gerak. Memiliki kemampuan menampilkan suara disertai gerakan titik secara linier, jadi tidak dapat menampilkan gerakan nyata secara utuh. Apa Contohnya? Morse, morse dapat dilakukan dengan dua cara, pertama adalah dengan menggunakan bendera atau juga secara elektronik, seperti yang digunakan pada pelayaran-pelayaran atau telegrap, dan bias menggunakan suara-suara, peluit, kentongan dan sebagainya. Jadi inilah yang dimaksudkan dengan tulisan jauh bersuara. Jadi kita bisa mengirim pesan dari jarak jauh dan bersuara.Contoh kedua adalah media board, yaitu papan media tempat menempelkan pengumuman atau informasi.
    lampu memberikan belajar secara integral dan menyeluruh dari yang kongkrit ke yang abstrak, dari seserhana ke rumit

http://sarwoedy09320036.wordpress.com/2011/04/17/%E2%80%9C-fungsi-karakteristik-dan-taksonomi-media-pembelajaran-%E2%80%9C/

http://dony.blog.uns.ac.id/2010/05/31/persamaan-dan-perbedaan-taksonomi-media-menurut-pendapat-ahli/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: