RPP matematika operasi hitung campuran

11 Dec

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Satuan Pendidikan    : SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Mata pelajaran          : Matematika

Kelas/ semester          : IV / 1

Pertemuan                 : … x pertemuan

Alokasi waktu            : 2 x 35 menit

 

       I.            Standar Kompetensi

  1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

    II.            Kompetensi Dasar

1.4  Melakukan operasi hitung campuran

 

 III.            Indikator

  1. Menjelaskan tingjkatan dalam hitung campuran.
  2. Memberikan contoh soal hitung campuran.
  3. Menghitung operasi hitung campuran.
  4. Memecahkan masalah hitung campuran dalam kegiatan sehari – hari.

 

 IV.            Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik mampu menjelaskan tingjkatan dalam hitung campuran.
  2. Peserta didik mampu memberikan  contoh soal hitung campuran.
  3. Peserta didik menghitunhgoperasi hitung campuran.
  4. Peserta didik mampu memecahkan masalah hitung campuran dalam kegiatan sehari – hari.

 

    V.            Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Pemberian tugas
  3. Tanya jawab

 

 VI.            Model Pembelajaran

Pembelajaran Langsung

 

  1. VII.            Materi Pembelajaran
    1. Tingkatan dalam hitunh campuran.
    2. Aplikasi hitung campuran dalam kegiatan sehari-hari.

 

 

 

  1. VIII.            Langkah- langkah Pembelajaran
No Kegiatan Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu
1. Kegiatan Awal
  • Guru mengucapkan salam.
  • Guru menyuruh ketua kelas untuk memimpin do’a.
  • Guru mengabsen siswa.
  • Guru memberikan apersepsi terkait pelajaran perkalian dan pembagian
  • Siswa menjawab salam.
  • Siswa berdo’a.
 

 

 

  • Siswa menjawab kehadiran.
  • Siswa bertanya dan mendengarkan.
1 menit

 

1 menit

 

 

 

 

1 menit

 

4 menit

2. Kegiatan Inti
  • Guru menjelaskan urutan pengerjaan hitung campuran dimulai dari tingkat 1-3 (LKS Hal 1).
  • Guru memberikan contoh soal hitung campuran beserta cara penyelesaiannya (LKS Hal 2).
  • Guru menjelaskan contoh aplikasi hitung campuran dalam kegiatan sehari- hari (LKS Hal 2).
  • Guru memberikan soal hitung campuran (LKS Hal 3-4).
  • Siswa bertanya dan mendengarkan.
 

 

 

 

  • Siswa mendengarkan, memahami, dan bertanya.

 

 

  • Siswa mendengarkan, memahami, dan bertanya.

 

 

  • Siswa mengerjakan tugas dan bertanya bila tidak mengerti.
4 menit

 

 

 

 

 

 

8 menit

 

 

 

 

8 menit

 

 

 

 

 

 

 

30 menit

3. Kegiatan Penutup
  • Guru mengoreksi jawaban siswa dengan cara jawaban siswa ditukarkan dengan teman lainnya.
  • Guru memberikan kesimpulan bahwa hitung campuran sangat berguna bagi kegiatan sehari- hari. Contohnya : pada saat ibu berbelanja barang – barang kebutuhan pokok di pasar.
  • Guru memberikan PR. Soalnya adalah :
  1. 12.139 – 90 : 5 x 20 + 100 =. . . .
  2. (1650 – 362) : 23 = . . . .
  3. 2295 : 27 x 71 = . . . .
  4. Setiap siswa di kelas empat membawa 4 buku tulis. Pak guru membawa 96 buku tulis dari koperasi, untuk diberikan kepada siswa kelas empat. Bila jumlah siswa kelas empat 32 siswa, berapa buku yang dimiliki tiap siswa setelah diberi oleh pak guru?
  • Guru menyuruh ketua kelas untuk memimpin do’a tanda berakhirnya pelajaran.
  • Guru mengucapkan salam.
  • Siswa mengoreksi jawaban.
 

 

 

 

  • Siswa mendengarkan, memahami, dan bertanya.

 

 

 

 

 

 

  • Siswa mencatat PR.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Siswa berdo’a.

 

 

 

 

 

  • Siswa menjawab salam.

 

3 menit

 

 

 

 

 

3 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 menit

 

 

 

 

 

1 menit

 

 IX.            Sumber / Media Belajar

Sumber :

  • LKS Matematika “ Kemilau ’’
  • Yunianto, Yoni, Hidayati. 2009. Matematika untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : Bandung

    X.            Penilaian (terlampir)

  1. Tes tertulis
  2. Sikap

 

                                                                                  Sidoarjo, 3 Desember  2011

Kepala Sekolah                                                  Guru Kelas

 

 

Abdul Mu’id, S. Pd                                                        Eka Rizkyana N., S. Pd

 

 

Penilaian

            Dalam materi ini saya menggunakan penilaian tes tertulis dan sikap.

  1. Tes Tertulis

Penilaian secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis. Tes Tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar dan lain sebagainya. Dibawah ini teknik penilaian tertulis yaitu :

Teknik Penilaian

Ada dua bentuk soal  tes tertulis, yaitu:

a.   Soal dengan memilih jawaban

  • pilihan ganda
  • dua pilihan (benar-salah, ya-tidak)
  • menjodohkan

b.   Soal dengan mensuplai-jawaban.

  • isian atau melengkapi
  • jawaban singkat atau pendek
  • soal uraian

Namun dalam penilaian ini saya hanya menggunakan teknik yang kedua.

No

Nama siswa

Nilai peserta didik

Standar Ketuntasan Minimal

Ketuntasan(*)

1 Amelia   > 65  
2 Ajeng   > 65  
dst dst   > 65  

 

 

 

* Keterangan :

T : Tuntas

TT : Tidak Tuntas

2.  Penilain Sikap

Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap Cara:

–     Observasi perilaku: pemahaman materi,

–     Pertanyaan langsung: tanggapan terhadap pertanyaan teman

–     Laporan pribadi: hasil jawaban siswa

No.

Nama

Perilaku

Nilai

Keterangan

Memahami materi

Banyak bicara

disiplin

1.

Ruri

2. Tono          
3. ….          

 

 

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: